PROGRAM STUDI
BIAYA PENDIDIKAN
Semua peserta baik itu dari Instansi Pemerintah, Swasta, TNI/POLRI maupun Perorangan dikenakan biaya pendidikan yang dibayarkan melalui rekening Rektor Universitas Brawijaya, antara lain:
• SPP per Semester Rp. 3.000.000,-
• DBP dan SPIP ( mohon hubungi sekretariat TKP )
PROSEDUR PENDAFTARAN
Program
Studi
|
Daya
Tampung /smt
|
Lama Studi
(smt)
|
|
1
|
Ilmu Bedah Umum
|
12
|
10
|
2
|
Ilmu Penyakit Dalam
|
6
|
8
|
3
|
Ilmu Penyakit Paru
|
6
|
7
|
4
|
Obstetri & Ginekologi
|
8
|
8
|
5
|
Patologi Klinik
|
8
|
7
|
6
|
Ilmu Kesehatan Mata
|
7
|
7
|
7
|
Ilmu KesehatanTHT
|
4
|
7
|
8
|
Emergency Medicine
|
6
|
8
|
9
|
Ilmu Kesehatan Anak
|
8
|
8
|
10
|
Radiologi
|
5
|
7
|
11
|
Orthopaedi dan Traumatologi
|
4
|
10
|
12
|
Ilmu Penyakit Syaraf
|
7
|
8
|
13
|
Ilmu Penyakit Jantung & Pembuluh Darah
|
5
|
8
|
14
|
Anestesiologi Reanimasi
|
5
|
7
|
15
|
Ilmu Kes. Kulit & Kelamin
|
4
|
7
|
BIAYA PENDIDIKAN
Semua peserta baik itu dari Instansi Pemerintah, Swasta, TNI/POLRI maupun Perorangan dikenakan biaya pendidikan yang dibayarkan melalui rekening Rektor Universitas Brawijaya, antara lain:
• SPP per Semester Rp. 3.000.000,-
• DBP dan SPIP ( mohon hubungi sekretariat TKP )
PROSEDUR PENDAFTARAN
I. Syarat dan prosedur pendaftaran calon peserta dari Depdiknas,TNI/POLRI, Instansi lain (BUMN, BHMN), FK
Swasta / RS swasta,Perorangan adalah sbb:
1. Surat permohonan/lamaran PPDS dari yang bersangkutan, bagi peserta
perorangan dan atau dari Instansi pemerintah/wasta ditujukan kepada Dekan
Fakultas Kedokteran UNIBRAW Malang = 3 rangkap
2. Mengisi Formulir lamaran PPDS = 3 rangkap (Formulir hanya bisa dibeli di TKP-PPDS I FKUB)
3. - Untuk FK dengan Akreditasi A: IP Kumulatif
(Sked dan Profesi) ≥ 2,75 dan IP
Sked ≥ 2,50
- Untuk FK dengan Akreditasi B: IP Sked
≥ 2,75 dan IP Profesi ≥ 3.00
4. Pasfoto ukuran 4 x 6 = 3 lembar (ditempel diformulir)
5. Umur Maximal 35 tahun ( pada sa’at pendidikan di mulai )
6. Materai Rp. 6.000,- = 3 lembar (ditempel diformulir dan ditanda tangani)
7. Foto copy Ijazah dokter & Transkrip nilai keseluruhan yang dilegalisir
oleh FK asal kelulusan = 3 lembar.
8. Surat keterangan selesai PTT dari DEPKES dan Surat keterangan Penundaan PTT
dari Dinkes Propinsi setempat (surat ijin untuk mengikuti seleksi PPDS bagi
yang Pra PTT) = 3 lembar.
9. - Surat ijin dari Instansi / Lembaga bagi yang bekerja di Instansi/sedang
PTT.
- Surat ijin dari Bupati / Wali Kota
- Surat ijin dari Bupati / Wali Kota
- Khusus TNI / POLRI harus ada ijin
dari Mabes dan surat perintah tugas belajar
dari Ditjen Kuathan = 3 Lembar
10. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter = 3 lembar
11. Surat rekomendasi dari IDI setempat yang menyatakan tidak pernah melakukan
Malpraktek atau pelanggaran kode etik kedokteran = 3 Lembar
12. Foto copy bukti telah mengurus STR dari Konsil Kedoktran Indonesia = 3 Lembar
13. Menguasai Komputer (Ms. Office) yang dapat di buktikan dengan Sertifikat.
14. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
15. Surat Keterangan Pertanggungjawaban Sumber Pembiayaan Studi di atas materai
=
3 Lembar
16. Melampirkan sertifikat/karya ilmiah yang terkait dengan pendidikan
17. Uang Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- disetor ke rekening Bank BNI
Cabang
Malang a.n. Rektor UBM S1 Non FK dengan No.Rekening 0039649508
(FC Slip
bukti pembayaran diserahkan ke Skretariat TKP PPDS I FKUB).
18. Bagi pelamar yang sudah pernah mendaftar sebelumnya dan belum diterima,
supaya melampirkan surat penolakannya.
19. Formulir dengan lampirannya disusun menjadi 3 set sesuai
dengan warnanya masing-masing, dan dikirim ke Dekan Fakultas Kedokteran
Universitas Brawijaya Malang
II.
Syarat dan prosedur pendaftaran calon peserta PPDS dari Departemen Kesehatan ( Depkes ) adalah sbb:
1. Surat ijin dari Departemen Kesehatan / Depkes.
2. Surat permohonan/lamaran PPDS dari yang bersangkutan ditujukan kepada
Sekretaris
Jendral Departemen Kesehatan RI = 4 rangkap
3. Surat keputusan pengangkatan Calpeg.( foto copy di legelisir )
4. Surat keputusan kenaikan pangkat terakhir. ( foto copy di legelisir )
5. Surat bersedia ditempatkan sesuai dengan program Depkes setelah selesai
pendidikan.
6. Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) terakhir.
7. Foto copy Karpeg
8. Daftar riwayat hidup
9. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter Pemerintah bagi suami, istri
dan anak-
anak yang bersangkutan
10. Mengisi Formulir lamaran PPDS = 4 rangkap (Formulir hanya bisa dibeli di
TKP-PPDS
I FKUB)
11. - Untuk FK dengan Akreditasi A: IP Kumulatif
(Sked dan Profesi) ≥ 2,75 dan IP Sked ≥ 2,50 - Untuk FK dengan Akreditasi B: IP Sked
≥ 2,75 dan IP Profesi ≥ 3.00
12. Umur Maximal 35 tahun ( pada sa’at pendidikan di mulai )
13. Pasfoto ukuran 4 x 6 = 4 lembar (ditempel diformulir)
14. Materai Rp. 6.000,- = 4 lembar (ditempel diformulir dan ditanda tangani)
15. Foto copy Ijazah dokter & Transkrip nilai keseluruhan yang dilegalisir
oleh FK asal
kelulusan = 4 lembar.
16. Surat tanda selesai PTT dari DEPKES C.Q. Kanwil Depkes bagi yang melalui
PTT = 4
lembar.
17. Surat Ijin dari instansi / lembaga.
18. Surat rekomendasi dari IDI setempat yang menyatakan tidak pernah melakukan
Malpraktek atau pelanggaran kode etik kedokteran = 4 Lembar
19. Foto copy bukti telah mengurus STR dari Konsil Kedoktran Indonesia = 4
Lembar
20. Menguasai Komputer (Ms. Office) yang dapat di buktikan dengan Sertifikat.
21. Melampirkan sertifikat/karya ilmiah yang terkait dengan pendidikan
22. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
23. Uang Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- disetor ke rekening Bank BNI
Cabang
Malang a.n. Rektor UBM S1 Non FK dengan No.Rekening 0039649508
(FC Slip bukti
pembayaran diserahkan ke Skretariat TKP PPDS I FKUB).
24. Bagi pelamar yang sudah pernah mendaftar sebelumnya dan belum diterima,
supaya
melampirkan surat penolakannya.
25. Formulir dengan lampirannya disusun menjadi 4 set sesuai
dengan warnanya
masing-masing dan di kirim ke Sekretaris Jendral
Departemen Kesehatan
Republik Indonesia
III.
Persyaratan Tambahan :
1.
ILMU PENYAKIT DALAM
• IPK belum PTT minimal 2,85
• Sertifikat Seminar, Workshop atau Kursus kesehatan
2.
OBSTETRI DAN GINEKOLOGI
• Sertifikat Toefl min. 450
3.
ILMU KESEHATAN ANAK
• Rekomendasi 2 Senior Dokter IKA tempat Pendidikan Dokter Umum = 3
Lembar
• Sertifikat Kegiatan Ilmiah
• Toefl 450
• Surat Keterangan telah bekerja di Instansi Kesehatan (minimal 1 tahun) = 3
Lembar
NILAI TAMBAH ILMU KESEHATAN ANAK
• Karya Ilmiah dalam bidang IKA
• Penghargaan (Kegiatan dibidang kesehatan )
• Nilai baik untuk IKA
• Ada Rekomendasi yang relevan berdasarkan Prestasi.
4.
RADIOLOGI
• Surat Rekomendasi dari 2 Senior Radiologi tempat Pendidikan Dokter
Umum = 3
Lembar
• Toefl 450 / mempunyai kemampuan Bahasa Inggris
NILAI TAMBAH RADIOLOGI
• Karya Ilmiah
• Penghargaan ( Kegiatan dibidang kesehatan)
• Nilai baik untuk Radiologi
• Ada Rekomendasi yang relevan berdasarkan prestasi
5.
ILMU PENYAKIT SYARAF
• Sertifikat ANLS
6.
Ilmu Penyakit Jantung & Pembuluh Darah
• IPK S.Ked Minimal 2,75
• Sertifikat TOEFL Test skor 450
• Sertifikat ACLS
• Srt.Ket. telah menyelesaikan PTT/ Srt.Ket. Pernah bekerja di RS
minimal 1
tahun.
• Sertifikat Seminar,Workshop/Kursus-kursus Bid. Kedokteran
7.
ILMU KESEHATAN KULIT & KELAMIN
• Mengisi Daftar Riwayat Hidup
• Umur Kurang dari 35 Tahun
8.
ORTHOPAEDI & TRAUMATOLOGI
• Pelamar mendaftar secara On-line ke Koligium Orthopaedi Indonesia :
IV.
JADWAL SELEKSI
I. Pendidikan Periode Januari
• Pendaftaran ditutup pada tanggal akhir bulan Juli (hari kerja
kantor)
• Pelaksanaan Ujian pada bulan September.(minggu ke I)
II. Pendidikan Periode Juli
• Pendaftaran ditutup pada tanggal akhir bulan Januari (hari kerja
kantor)
• Pelaksanaan ujian pada bulan Maret (minggu ke I)
V.
MATERI SELEKSI DAN BIAYA
Materi
|
Biaya
|
MMPI
|
Rp. 300.000,-
|
Toefl
|
Rp. 150.000,-
|
Test Kesehatan
|
Rp. 700.000,-
|
Test Potensi Akademik
|
Rp. 275.000,-
|
Test wawancara di masing-masing Program Studi :
|
|
1. Ilmu Bedah Umum
|
Rp. 400.000,-
|
2. Ilmu Penyakit Dalam
|
Rp. 400.000,-
|
3. Ilmu Penyakit Paru
|
Rp. 400.000,-
|
4. Ostetri & Ginekologi
|
Rp. 400.000,-
|
5. Patologi Klinik
|
Rp. 400.000,-
|
6. Ilmu Kesehatan Mata
|
Rp. 500.000,-
|
7. Ilmu Kesehatan THT
|
Rp. 400.000,-
|
8. Emergency Medicine
|
Rp. 400.000,-
|
9. Ilmu Kesehatan Anak
|
Rp. 400.000,-
|
10. Radiologi
|
Rp. 400.000,-
|
11. Ilmu Bedah Orthopedi
|
Rp. 400.000,-
|
12. Neurologi
|
Rp. 400.000,-
|
13. Ilmu Penyakit Jantung &Pembuluh Darah
|
Rp. 400.000,-
|
14. Anestesiologi Reanimasi
|
Rp. 400.000,-
|
15. Ilmu Kesehatan Kulit & Kelamin
|
Rp. 400.000,-
|
VI.
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
• Pengumuman hasil seleksi secara resmi akan diumumkan oleh Dekan FK
UB kepada masing-masing peserta via Pos kurang lebih 2 minggu setelah test
seleksi selesai.
• Pengumuman juga bisa di
akses melalui website FKUB di : www.fk.ub.ac.id
Informasi lebih lanjut
bisa menghubungi:
Sekretariat TKP PPDS I
FKUB / RSU Dr. Saiful Anwar Malang
Jl. Jagung Suprapto 2 Malang
Email : tkpppds_fkub@yahoo.com
Kontak Person : Deni Dwi
Wijayanti (Yanti)
Telp. ( 0341 ) 335222,
362101 psw. 1262
Fax (0341) 335199
3 komentar:
Maaf dr Indra, selamat malam, saya dr sony. Bulan maret nanti saya akan mengikuti tes seleksi ppds kardiology di fkub. Mohon infonya utk materi tes masuk ppds di bagian kardiologi. Untuk soal yg diujikan sumber literatur dari mana, dari textbook atau catatan kuliah? Dan juga utk tes wawancaranya bagaimana, mungkin ada tips khusus. Karena saya bukan alumni fkub maka saya kesulitan mendapat info di atas. Terimakasih banyak atas balasan infonya.
maaf dokter saya baru baca.. ada beberapa tahap selaksi. yang pertama administrasi yang berhubungan dengan kelengkapan syarat dan prosedur diatas. jika lolos masuk tahap seleksi berikutnya, ujian tulis di FKUB meliputi ujian TOEFL, MMPI dan Tes Potensi Akademik (soal langsung dari BAPPENAS, lalu tes kesehatan dan dimasing masing prodi yang didaftar (tes tulis dan wawancara). di kardiologi malang memakai sitem skoring, jadi semua menentukan, mis status ptt atau belum, didaerah terpencil atau bukan, semua nilai-nilai ujiannya dalam tahap seleksi dll..yang penting berusaha, jangan putus asa dan berdoa..semoga sukses..
Utk 2014 masih sama? Trims
Post a Comment