Saturday, 15 December 2012

Program Pendidikan Dokter Spesialis-1 Universitas Brawijaya Malang 2013

PROGRAM STUDI 
 
Program Studi
Daya Tampung /smt
Lama Studi (smt)
1
Ilmu Bedah Umum
12
10
2
Ilmu Penyakit Dalam
6
8
3
Ilmu Penyakit Paru
6
7
4
Obstetri & Ginekologi
8
8
5
Patologi Klinik
8
7
6
Ilmu Kesehatan Mata
7
7
7
Ilmu KesehatanTHT
4
7
8
Emergency Medicine
6
8
9
Ilmu Kesehatan Anak
8
8
10
Radiologi
5
7
11
Orthopaedi dan Traumatologi
4
10
12
Ilmu Penyakit Syaraf
7
8
13
Ilmu Penyakit Jantung & Pembuluh Darah
5
8
14
Anestesiologi Reanimasi
5
7
15
Ilmu Kes. Kulit & Kelamin
4
7


BIAYA PENDIDIKAN 
Semua peserta baik itu dari Instansi Pemerintah, Swasta, TNI/POLRI maupun Perorangan dikenakan biaya pendidikan yang dibayarkan melalui rekening Rektor Universitas Brawijaya, antara lain: 
•  SPP per Semester Rp. 3.000.000,- 
•  DBP dan SPIP ( mohon hubungi sekretariat TKP ) 


PROSEDUR PENDAFTARAN 
 
I.    Syarat dan prosedur pendaftaran calon peserta dari Depdiknas,TNI/POLRI, Instansi lain (BUMN, BHMN), FK Swasta / RS swasta,Perorangan adalah sbb:
     1.     Surat permohonan/lamaran PPDS dari yang bersangkutan, bagi peserta perorangan dan atau dari Instansi pemerintah/wasta ditujukan kepada Dekan Fakultas Kedokteran UNIBRAW Malang = 3 rangkap
       2.    Mengisi Formulir lamaran PPDS = 3 rangkap (Formulir hanya bisa dibeli di TKP-PPDS I FKUB)
       3.    -  Untuk FK dengan Akreditasi A: IP Kumulatif (Sked dan Profesi) ≥ 2,75 dan IP
   Sked ≥ 2,50
-  Untuk FK dengan Akreditasi B: IP Sked  ≥ 2,75 dan IP Profesi ≥ 3.00
       4.     Pasfoto ukuran 4 x 6 = 3 lembar (ditempel diformulir)
       5.     Umur Maximal 35 tahun ( pada sa’at pendidikan di mulai )
       6.     Materai Rp. 6.000,- = 3 lembar (ditempel diformulir dan ditanda tangani)
       7.   Foto copy Ijazah dokter & Transkrip nilai keseluruhan yang dilegalisir oleh FK asal kelulusan = 3 lembar.
       8.    Surat keterangan selesai PTT dari DEPKES dan Surat keterangan Penundaan PTT 
            dari Dinkes Propinsi setempat (surat ijin untuk mengikuti seleksi PPDS bagi yang Pra PTT) = 3 lembar.
       9.    - Surat ijin dari Instansi / Lembaga bagi yang bekerja di Instansi/sedang PTT.
-  Surat ijin dari Bupati / Wali Kota
-  Khusus TNI / POLRI harus ada ijin dari Mabes dan surat perintah tugas belajar
   dari Ditjen Kuathan = 3 Lembar
      10.   Surat keterangan berbadan sehat dari dokter = 3 lembar
      11. Surat rekomendasi dari IDI setempat yang menyatakan tidak pernah melakukan 
               Malpraktek atau pelanggaran kode etik kedokteran = 3 Lembar
      12.   Foto copy bukti telah mengurus STR dari Konsil Kedoktran Indonesia = 3 Lembar
      13.   Menguasai Komputer (Ms. Office) yang dapat di buktikan dengan Sertifikat.
      14.   Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
      15.   Surat Keterangan Pertanggungjawaban Sumber Pembiayaan Studi di atas materai = 
               3 Lembar
      16.   Melampirkan sertifikat/karya ilmiah yang terkait dengan pendidikan
      17.   Uang Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- disetor ke rekening Bank BNI Cabang 
              Malang a.n. Rektor UBM S1 Non FK dengan No.Rekening 0039649508 (FC Slip 
              bukti pembayaran diserahkan ke Skretariat TKP PPDS I FKUB).
    18.   Bagi pelamar yang sudah pernah mendaftar sebelumnya dan belum diterima, supaya melampirkan surat penolakannya.
    19.    Formulir dengan lampirannya disusun menjadi 3 set sesuai dengan warnanya masing-masing, dan dikirim ke Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang

II.        Syarat dan prosedur pendaftaran calon peserta PPDS dari Departemen Kesehatan ( Depkes ) adalah sbb:
   1.      Surat ijin dari Departemen Kesehatan / Depkes.
   2.      Surat permohonan/lamaran PPDS dari yang bersangkutan ditujukan kepada Sekretaris 
            Jendral Departemen Kesehatan RI = 4 rangkap
   3.      Surat keputusan pengangkatan Calpeg.( foto copy di legelisir )
   4.      Surat keputusan kenaikan pangkat terakhir. ( foto copy di legelisir )
   5.      Surat bersedia ditempatkan sesuai dengan program Depkes setelah selesai 
            pendidikan.
   6.      Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) terakhir.
   7.      Foto copy Karpeg
   8.      Daftar riwayat hidup
   9.      Surat keterangan berbadan sehat dari dokter Pemerintah bagi suami, istri dan anak-
            anak yang bersangkutan
 10.     Mengisi Formulir lamaran PPDS = 4 rangkap (Formulir hanya bisa dibeli di TKP-PPDS 
           I FKUB)
 11.     -  Untuk FK dengan Akreditasi A: IP Kumulatif (Sked dan Profesi) ≥ 2,75 dan IP Sked ≥ 2,50 -  Untuk FK dengan Akreditasi B: IP Sked  ≥ 2,75 dan IP Profesi ≥ 3.00
 12.     Umur Maximal 35 tahun ( pada sa’at pendidikan di mulai )
 13.     Pasfoto ukuran 4 x 6 = 4 lembar (ditempel diformulir)
 14.     Materai Rp. 6.000,- = 4 lembar (ditempel diformulir dan ditanda tangani)
 15.     Foto copy Ijazah dokter & Transkrip nilai keseluruhan yang dilegalisir oleh FK asal 
            kelulusan = 4 lembar.
 16.    Surat tanda selesai PTT dari DEPKES C.Q. Kanwil Depkes bagi yang melalui PTT = 4 
           lembar.
 17.    Surat Ijin dari instansi / lembaga.
 18.    Surat rekomendasi dari IDI setempat yang menyatakan tidak pernah melakukan 
           Malpraktek atau pelanggaran kode etik kedokteran = 4 Lembar
 19.     Foto copy bukti telah mengurus STR dari Konsil Kedoktran Indonesia = 4 Lembar
  20.    Menguasai Komputer (Ms. Office) yang dapat di buktikan dengan Sertifikat.
  21.    Melampirkan sertifikat/karya ilmiah yang terkait dengan pendidikan
  22.    Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  23.    Uang Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- disetor ke rekening Bank BNI Cabang 
           Malang a.n. Rektor UBM S1 Non FK dengan No.Rekening 0039649508 (FC Slip bukti 
           pembayaran diserahkan ke Skretariat TKP PPDS I FKUB).
  24.   Bagi pelamar yang sudah pernah mendaftar sebelumnya dan belum diterima, supaya 
           melampirkan surat penolakannya.
  25.   Formulir dengan lampirannya disusun menjadi 4 set sesuai dengan warnanya 
           masing-masing dan di kirim ke Sekretaris Jendral Departemen Kesehatan 
           Republik Indonesia

III.        Persyaratan Tambahan :
        1.        ILMU PENYAKIT DALAM
•  IPK belum PTT minimal 2,85
•  Sertifikat Seminar, Workshop atau Kursus kesehatan

        2.        OBSTETRI DAN GINEKOLOGI
•  Sertifikat Toefl min. 450

        3.        ILMU KESEHATAN ANAK
•  Rekomendasi 2 Senior Dokter IKA tempat Pendidikan Dokter Umum = 3 Lembar
•  Sertifikat Kegiatan Ilmiah
•  Toefl 450
•  Surat Keterangan telah bekerja di Instansi Kesehatan (minimal 1 tahun) = 3
   Lembar
NILAI TAMBAH ILMU KESEHATAN ANAK
•  Karya Ilmiah dalam bidang IKA
•  Penghargaan (Kegiatan dibidang kesehatan )
•  Nilai baik untuk IKA
•  Ada Rekomendasi yang relevan berdasarkan Prestasi.

        4.        RADIOLOGI
•  Surat Rekomendasi dari 2 Senior Radiologi tempat Pendidikan Dokter Umum = 3
    Lembar
•  Toefl 450 / mempunyai kemampuan Bahasa Inggris
NILAI TAMBAH RADIOLOGI
•  Karya Ilmiah
•  Penghargaan ( Kegiatan dibidang kesehatan)
•  Nilai baik untuk Radiologi
•  Ada Rekomendasi yang relevan berdasarkan prestasi

        5.        ILMU PENYAKIT SYARAF
•  Sertifikat ANLS

        6.        Ilmu Penyakit Jantung & Pembuluh Darah
•  IPK S.Ked Minimal 2,75
•  Sertifikat TOEFL Test skor 450
•  Sertifikat ACLS
•  Srt.Ket. telah menyelesaikan PTT/ Srt.Ket. Pernah bekerja di RS minimal 1
   tahun.
•  Sertifikat Seminar,Workshop/Kursus-kursus Bid. Kedokteran
        7.        ILMU KESEHATAN KULIT & KELAMIN
•  Mengisi Daftar Riwayat Hidup
•  Umur Kurang dari 35 Tahun

        8.        ORTHOPAEDI & TRAUMATOLOGI
•  Pelamar mendaftar secara On-line ke Koligium Orthopaedi Indonesia :


IV.        JADWAL SELEKSI
I.            Pendidikan Periode Januari
•  Pendaftaran ditutup pada tanggal akhir bulan Juli (hari kerja kantor)
•  Pelaksanaan Ujian pada bulan September.(minggu ke I)
II.            Pendidikan Periode Juli
•  Pendaftaran ditutup pada tanggal akhir bulan Januari (hari kerja kantor)
•  Pelaksanaan ujian pada bulan Maret (minggu ke I)

V.        MATERI SELEKSI DAN BIAYA 
Materi
Biaya
MMPI
        Rp. 300.000,-
Toefl
Rp. 150.000,-
Test Kesehatan
Rp. 700.000,-
Test Potensi Akademik
Rp. 275.000,-
Test wawancara di masing-masing Program Studi :
1. Ilmu Bedah Umum
Rp. 400.000,-
2. Ilmu Penyakit Dalam
Rp. 400.000,-
3. Ilmu Penyakit Paru
Rp. 400.000,-
4. Ostetri & Ginekologi
Rp. 400.000,-
5. Patologi Klinik
Rp. 400.000,-
6. Ilmu Kesehatan Mata
Rp. 500.000,-
7. Ilmu Kesehatan THT
Rp. 400.000,-
8. Emergency Medicine
Rp. 400.000,-
9. Ilmu Kesehatan Anak
Rp. 400.000,-
10. Radiologi
Rp. 400.000,-
11. Ilmu Bedah Orthopedi
Rp. 400.000,-
12. Neurologi
Rp. 400.000,-
13. Ilmu Penyakit Jantung &Pembuluh Darah
Rp. 400.000,-
14. Anestesiologi Reanimasi
Rp. 400.000,-
15. Ilmu Kesehatan Kulit & Kelamin
Rp. 400.000,-


VI.        PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
•  Pengumuman hasil seleksi secara resmi akan diumumkan oleh Dekan FK UB kepada masing-masing peserta via Pos kurang lebih 2 minggu setelah test seleksi selesai.
 •  Pengumuman juga bisa di akses melalui website FKUB di : www.fk.ub.ac.id

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi:
Sekretariat TKP PPDS I FKUB / RSU Dr. Saiful Anwar Malang
Jl. Jagung Suprapto 2 Malang
Email : tkpppds_fkub@yahoo.com
Kontak Person : Deni Dwi Wijayanti (Yanti)
Telp. ( 0341 ) 335222, 362101 psw. 1262
Fax (0341) 335199

Reaksi:


INDRA WSPosted By INDRA WS

Jika artikel ini bermanfaat bagi anda jangan lupa klik g +1 agar blog ini semakin mudah untuk ditemukan di google. About me me

Terimakasih atas kunjungannya.

3 komentar:

hardian wicaksono said...

Maaf dr Indra, selamat malam, saya dr sony. Bulan maret nanti saya akan mengikuti tes seleksi ppds kardiology di fkub. Mohon infonya utk materi tes masuk ppds di bagian kardiologi. Untuk soal yg diujikan sumber literatur dari mana, dari textbook atau catatan kuliah? Dan juga utk tes wawancaranya bagaimana, mungkin ada tips khusus. Karena saya bukan alumni fkub maka saya kesulitan mendapat info di atas. Terimakasih banyak atas balasan infonya.

indra ws said...

maaf dokter saya baru baca.. ada beberapa tahap selaksi. yang pertama administrasi yang berhubungan dengan kelengkapan syarat dan prosedur diatas. jika lolos masuk tahap seleksi berikutnya, ujian tulis di FKUB meliputi ujian TOEFL, MMPI dan Tes Potensi Akademik (soal langsung dari BAPPENAS, lalu tes kesehatan dan dimasing masing prodi yang didaftar (tes tulis dan wawancara). di kardiologi malang memakai sitem skoring, jadi semua menentukan, mis status ptt atau belum, didaerah terpencil atau bukan, semua nilai-nilai ujiannya dalam tahap seleksi dll..yang penting berusaha, jangan putus asa dan berdoa..semoga sukses..

M Miftahul Firdaus said...

Utk 2014 masih sama? Trims