Wednesday 19 December 2012

Tips Dalam Menentukan Tempat PTT Pusat


Ada beberapa motivasi kenapa seorang dokter ikut program PTT pusat, yang pertama untuk mengabdi kepada masyarakat, yang kedua untuk megumpulkan uang (karena gaji PTT yang besar), yang ketiga karena syarat untuk mengambil pendidikan spesialis, yang keempat campuran dari beberapa motivasi tersebut.
Menurutku yang utama harus diketahui pada saat akan melamar PTT pusat adalah tempat tujuan, carilah informasi tempat yang anda tuju (bisa menanyakan ke teman atau forum yang membahas tentang PTT pusat), bagaimana transportasinya dari tempat pemberangkatan ke kabupaten tujuan (harus naik pesawat berapa kali, apa harus dilanjutkan perjalanan laut atau cukup perjalanan darat karena ini akan berhubungan dengan biaya yang harus dikeluarkan pada saat anda ingin pulang kampung) dan apakah gajinya tiap bulan lancar atau harus dirapel (kelancaran gaji tergantung SDM depkes kabupaten yang dituju karena pengurusan gaji diajukan oleh kabupaten ke pusat, jika petugas yang mengurusnya rajin dan tepat waktu, pasti gaji kita akan turun dengan lancar tiap bulannya). Beberapa pertanyaan tambahan yang juga cukup penting dan menjadi nilai tambah, apakah ada insentif daerah (beberapa daerah menyediakan insentif diluar gaji pusat dengan besaran uang yang bervariasi), apakah saya bisa praktek ditempat tersebut, yang terakhir apakah ada listrik dan sumber air bersih. Untuk praktek, listrik dan air di satu kabupaten namun beda kecamatan bisa beda nasib, jadi untuk yang ini pasrah aja tergantung nasib karena yang kita daftar adalah hanya sampai tingkat kabupaten. Dan biasanya kita diperbolehkan pindah kepuskesmas lain dalam satu kabupaten jika puskesmas tujuan dokternya kurang atau tidak ada setelah waktu tertentu, ya minimal 2 bulan setelah penempatan dipuskesmas yang pertama.
Sebaiknya pilih kriteria sangat terpencil karena antara kriteria terpencil dan sangat terpencil kalau didaerah tidak terlalu jauh berbeda baik dari segi keramaian, transportasi, fasilitas di puskesmas dll. Akan tetapi terjadi yang perbedaannya cukup signifikan dalam hal gaji/insentif yang didapat dari pusat.
Oia jangan lupa bertanya, adakah tempat sebagai tujuan  pariwisata dan pemandangan kabupaten atau daerah sekitarnya, bagus atau tidak karena ini menjadi salah satu obat kebosanan.  Kita bisa berkeliling mengunjungi tempat pariwisata yang ada minimal sebulan sekali atau malah seminggu sekali.  Belum tentu nantinya kita bisa kembali ketempat tersebut, gunakanlah kesempatan yang ada sebaik mungkin.
Persiapkanlah dengan bagus sebelum berangkat,bikinlah rekening koran  di kantor pos (hal ini bisa kita lakukan di tempat asal kita), bikinlah tabungan (dianjurkan BRI karena  bank ini ada hampir diseluruh pelosok indonesia), simpanlah uang yang cukup di bank (>3-5jt) jaga-jaga untuk biaya hidup kita disana jika gaji PTT tidak lancar, biasanya sering telat pada 2-3 bln pertama, bawalah uang tunai yang cukup (sekitar 1-2 juta) pada waktu pemberangkatan karena kita tidak bisa menebak apa yang akan kita hadapi.
Tidak usah membawa barang-barang yang terlalu berat seperti kompor, mie satu dus dll, bawalah secukupnya. Kurangnya kita bisa membeli di kabupaten tempat tujuan. Tidak usah membawa buku yang banyak dan tebal karena tidak terbaca apalagi sekarang eranya ebook. Bawalah Laptop yang juga merupakan teman sejati yang dapat menghibur kita sehari-hari (dianjurkan untuk dibawa). Jangan lupa bawa senter dan jas hujan.
Sekian dulu penulisan tips pemilihan daerah untuk PTT pusat. Semoga tujuan anda mengikuti PTT  pusat tercapai dan selalu diberi kesehatan oleh Tuhan YME. Trims

ptt pusat




INDRA WSPosted By INDRA WS

Jika artikel ini bermanfaat bagi anda jangan lupa klik g +1 agar blog ini semakin mudah untuk ditemukan di google. About me me

Terimakasih atas kunjungannya.

0 komentar: