Saturday 22 December 2012

Merokok Membuat Kolesterol Tinggi Menjadi Lebih Berbahaya


penyakit jantung koroner
Lebih dari 45 juta orang Amerika merokok, meskipun satu dari lima kematian yang ada di AS penyebab utamanya adalah merokok. Apalagi di Indonesia yang memiliki jumlah perokok pasif dan perokok aktif yang sangat besar.
Jika Anda sudah memiliki kolesterol tinggi, banyak sekali lemak dalam tubuh maka merokok sangatlah beresiko. Low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL) akan membawa kolesterol ke seluruh tubuh, dimana idealnya kadar kedua macam kolesterol tersebut dalam dalam batas normal agar berfungsi dengan baik. LDL dikenal sebagai kolesterol "jahat" dan dapat menumpuk di pembuluh darah arteri, membuat anda berisiko mempunyai penyakit jantung koroner.
Menurut dokter David Frid, dari Departemen Ilmu penyakit jantung dan pembuluh darah di Cleveland Clinic: merokok dapat mempengaruhi kolesterol baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian yang ada menunjukkan bahwa merokok dapat menurunkan kadar HDL yang merupakan kolesterol “baik” pelindung jantung. Peran utama HDL adalah sebagai 'kolesterol transportasi terbalik,' yang mengangkut LDL keluar dari tempat yang seharusnya dia tidak berada. kadar HDL rendah membuat fungsinya tidak maksimal dan LDL akan berkeliaran dengan bebas serta sulit untuk dibersihkan.
Nikotin dan tar dari rokok dapat mengiritasi pembuluh darah. LDL bergerak menuju ke daerah-daerah yang teriritasi dan meradang tersebut lalu masuk ke dalam dinding pembuluh darah dan mulailah terjadi proses pembentukan plak yang merupakan benjolan dari lemak dalam pembuluh darah yang  kemudian menyebabkan penyumbatan.
Jika plak menjadi semakin besar dan menonjol maka pembuluh darah menjadi tidak stabil dan cenderung mudah pecah atau terjadi bekuan darah ditempat tersebut sehingga dapat menyebabkan serangan jantung mendadak.
Dengan LDL sebagai pencetus perkembangan plak, ditambah dengan tekanan darah tinggi serta diabetes yang dapat mengiritasi dinding pembuluh darah. Maka anda sendiri telah menetapkan diri kedalam sebuah proses yang diluar kendali sehingga meningkatkan resiko terjadinya kematian secara mendadak dan memperpendek usia harapan hidup anda.
Jadi jika anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi maka alasan untuk berhenti merokok menjadi lebih besar, lakukanlah dengan segera.

LOVE YOUR HEART



INDRA WSPosted By INDRA WS

Jika artikel ini bermanfaat bagi anda jangan lupa klik g +1 agar blog ini semakin mudah untuk ditemukan di google. About me me

Terimakasih atas kunjungannya.

1 komentar:

Milenial Health said...

Wahh.. Terima kasih banyak, admin.. Bacaan yang berkualitas :D
Kalau punya waktu senggang, kebetulan saya lagi belajar tentang kolesterol juga nih. mohon diberi saran ya. masih belajar dengan senior-senior seperti anda, min >,<
Ikan yang Mengandung Kolesterol Jahat