Sunday, 16 December 2012

Penulisan Pengarang dan Daftar Pustaka pada Karya Ilmiah



Semua penulis harus dicantumkan namanya di dalam daftar pustaka. Sumber pustaka yang ditulis oleh sebuah lembaga, bukan seseorang, maka lembaga tersebut dianggap sebagai penulis. Pustaka yang berasal dari suatu sumber yang nama pengarangnya tidak dicantumkan, maka pada bagian yang seharusnya dicantumkan nama pengarang, diganti kata anonim.
1.      Nama penulis lebih dari satu suku kata
Nama penulis yang terdiri dari 2 kata atau lebih, cara penulisannya ialah nama akhir diikuti dengan tanda koma, singkatan nama depan, tengah dan seterusnya.
Contoh :
a) Michael Laudruf ditulis : Laudruf, M.
b) Donald Firgerald Othmer ditulis : Othmer, D.F.
2.      Nama dengan garis penghubung
Nama penulis yang dalam sumber aslinya ditulis dengan garis penghubung di antara dua suku kata, maka keduanya dianggap sebagai satu suku kata, tidak boleh dibalik.
3.      Nama yang diikuti dengan singkatan
Nama yang diikuti dengan singkatan, dianggap bahwa singkatan itu menjadi satu dengan suku kata yang ada didepannya.
Contoh :
a) Mawardi A.I., ditulis Mawardi A.I.,
b) William D, Ross Jr, ditulis Ross Jr. W.D.

Penulisan daftar pustaka
Sumber pustaka berupa buku teks, monograf, majalah ilmiah/ jurnal ilmiah, makalah seminar, laporan penelitian, website dan lain-lain, ditulis di dalam daftar pustaka dengan cara yang berbeda-beda.
1.      Pustaka yang berasal dari buku
Pustaka yang berasal dari buku teks pada prinsipnya ditulis dengan urutan: nama penulis, tahun terbitan, judul buku, edisi, penerbit, kota penerbit dan halaman. Judul buku dicetak miring. Kota penerbit ditulis hanya satu (yang pertama disebut).
a) Buku yang ditulis oleh satu orang penulis
Lehner, T.,1992, Immunology of Oral Diseases, 3rd ed., Blackwell Scientific Publication, Oxford, p. 11-12. Ini berarti:
Nama penulis       : T.Lehner
Tahun terbitan      : 1992
Judul buku           : Immunology of Oral Diseases
Edisi                     : ke-3
Penerbit                : Blackwell Scientific Publication
Kota penerbit        : Oxford
Halaman              : 11 - 12
b) Buku yang ditulis oleh 2 orang penulis :
Marsh, P., and Martin, M. V., 2000, Oral Microbiology, 4th ed., Wright Publ., Oxford, p. 35-37.
c) Buku yang ditulis oleh 2 orang penulis:
Craig, R. G., Powers, J.M., and Wataha, J. C., 2000, Dental Materials Properties and Manipulation, 7th ed., Mosby Inc., St. Louis, p.209-220.

2.      Pustaka dari suatu abstract atau intisari
Pustaka yang berasal dari abstract atau intisari, dalam daftar pustaka perlu dinyatakan dengan mencantumkan kata Abstr., atau intisari di dalam tanda kurung. Contoh :
Almquist, J. O., and Cunningham, D.C., 1986, Semen traits of beef bull ejaculated frequently. J. Anim. Sci. 25:916 (Abstr.).

3.      Lembaga sebagai penulis
World Health Organization, 1991, Oral Health Surveys, Basic Methods, Geneva, p.17-21.
Ini berarti: Buku ini tidak dikarang oleh seorang penulis, tak dikenal siapa pengarangnya. Nama penerbit tidak ada, kota penerbitnya adalah Geneva.

4.      Pustaka dari sumber yang tidak diketahui pengarangnya
Sumber pustaka yang nama pengarangnya tidak dicantumkan, maka nama pengarang ditulis anonim.
Contoh :
Anonim, 2005, Buku Statistik Kesehatan, Direktorat Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta, h.15.

5.      Buku yang ditulis beberapa penulis dengan editor
a)      Craig, R.G., Powers, J. M., (eds.), 2002, Restorative dental materials, 11th ed., Mosby Inc., London, p.89.
b)      Levin, R.J., 1984, Absorption from the alimentary tract. In: Physiology and Biochemistry of the Domestic, Fowl, BM (eds.). Vol.5. Academic Press, London, p.102.

6.      Pustaka dari bab di dalam buku
Vessel, B.S., 1980, Gene enviroment Interaction in Drug Metabolism in Clinical Pharmacology and Therapeutics, in Turner, p. (ed.): Clinical Pharmacology and Therapeutics, Macmillan Publishing Co., London, p.63- 69.
Ini berarti: Turner, P. Melakukan editing dari beberapa karangan dalam satu buku dengan judul : Clinical Pharmacology and Therapeutics, sedang Vessel, B.S., adalah salah satu pengarang yang karangannya dikutip oleh Turner, P. Yang terdapat pada halaman 63-69.

7.      Pustaka dari buku yang diterjemahkan
Amerongen, A.V., 1991, Ludah dan Kelenjar Ludah (terj.), Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, h.37-41.
Ini berarti : buku ini dikarang oleh Amerongen AV dengan bahasa aslinya adalah bahasa Asing. Buku tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia (penerjemahnya tidak ditulis) dan diterbitkan oleh Gadjah Mada University Press di Yogyakarta.

8.      Buku dan jurnal elektronik
Pustaka yang bersumber dari buku dan jurnal elektronik ditulis di dalam daftar pustaka dengan susunan: penulis, tahun terbitan, judul buku, penerbit, kota, alamat website, tanggal mengakses. Contoh Buku elektronik :
Aghion, P., and Durlauf, S., (eds.), 2005, Handbook of economic growth, Elsevier: Amsterdam, http://www.elsevierbooks.com. (04/11/2004).
      Contoh Jurnal elektronik :
Hamilakis, Y., Pluciennick, M., and Tarlow, S., 2001. Academic performances, artistic presentations, Assemblage, 6. http://www.shef.ac.uk/assem/issue6/art_web.html, 08/07/2002.

9.      Pustaka yang berasal dari jurnal
Pustaka yang berasal dari jurnal ditulis dengan urutan: nama penulis, tahun terbitan, judul karangan, nama majalah, volume, nomor, dan halaman. Nama jurnal dicetak miring dan disingkat sesuai dengan cara menyikat jurnal menurut Index to Dental Literature terbaru, atau sesuai dengan singkatan yang terdapat dalam jurnal itu sendiri (tidak diperbolehkan membuat singkatan sendiri).
Parvinem, T., and Larmas, M., 2002, Age Dependency of Stimulated Salivary Flow Rate, pH. And Lactobacillus and Yeast Concentration, J.Dent Res., 9(61): 1052- 1057.

10.   Pustaka yang berasal dari makalah seminar
Pustaka yang berasal dari kumpulan makalah seminar ditulis seperti buku text dengan menambahkan informasi mengenai acara seminar tersebut. Urutan penulisan adalah: nama penulis, tahun terbitan, judul tulisan, nama editor, judul kumpulan naskah seminar/ judul seminar, penerbit (bila ada), kota dan negara, halaman. Contoh:
Bengtsson, S., and Solheim, B.G., 1992, Enforcement of data protection privacy and security in medical informatics. in : Lun, K.C., (ed), Proceedings of the 7th world congress on medical informatics, Geneva, 1561 – 1565.

11.   Pustaka yang berasal dari laporan penelitian
Pustaka yang berasal dari laporan penelitian, tesis, atau disertasi ditulis dengan susunan seperti buku, yaitu : nama penulis, tahun terbitan, judul tulisan, jenis tulisan, penerbit/ institusi: kota, halaman. Contoh:
Arimbi, B., 2007, Epitelisasi penyembuhan luka pada pemasangan perhiasan tindik lidah, Tesis, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, h.15.

12.   Pustaka dari risalah pada surat kabar
Sumber yang berupa surat kabar ditulis di dalam daftar pustaka dengan urutan: nama penulis, tahun terbitan, judul tulisan, nama surat kabar, tanggal, nomor dan halaman yang memuat judul berita tersebut. Contoh:
Ali-Imran, 2004, Menggosok gigi dengan serabut kelapa cukup efektif bagi penduduk di pedesaan terpencil, Kedaulatan Rakyat, 8 Agustus 2004. Tahun ke-59. Nomor 301 : 15.

Reaksi:


INDRA WSPosted By INDRA WS

Jika artikel ini bermanfaat bagi anda jangan lupa klik g +1 agar blog ini semakin mudah untuk ditemukan di google. About me me

Terimakasih atas kunjungannya.

0 komentar: